Sunday, November 3, 2013

Shalat, menurut Rasulullah SAW seperti sungai yang mengalir di depan pintu rumah seorang Muslim. Dari Abu Hurairah r.a.: Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, "Bagaimana pendapat kalian seandainya di depan pintu seorang dari kalian terdapat sebuah sungai. Setiap hari ia mandi lima kali di dalamnya. Apakah masih ada kotoran yang melekat di tubuhnya?" Mereka menjawab, "Tidak ada!" Rasulullah berkata, "Itulah perumpamaan shalat lima waktu, dengannya Allah menghapus semua kesalahan." (Muttafaq 'Alaih).

Dari Jabir r.a.: Rasulullah saw bersabda, "Perumpamaan shalat lima waktu seperti sebuah sungai yang melimpah, yang mengalir di depan pintu rumah seorang dari kalian. Ia mandi di dalamnya setiap hari lima kali." (HR Muslim). 


Mari kita renungkan lagi setiap makna dari bacaan sholat kita, begitu indah bahasa yang digunakan. setiap do'a mohon pengampunan yang Rasulullah contohkan untuk kita ikuti,

Do'a Iftitah kita
(Alla-humma ba-‘id baini-  wa baina khatha-ya-ya kama- ba-‘adta bainal masyriqi wal maghrib. Alla-humma naqqini- minal khatha-ya- kama- yunaqqats tsaubul abyadu minad danas. Alla-hummaghsil khatha-ya-ya bil ma-i  wats tsalji wal barad)

Ya Allah,jauhkanlah diriki dari kesalahan-kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan timur dari Barat.
Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan-kesalahanku, seperti kain putih yang dibersihkan dari kotoran.
Ya Allah, cucilah diriku dari kesalahan-kesalahanku dengan air, es, dan embun

Do'a Ruku' kita
Subhaanaka Allahumma rabbanaa wa bihamdika Allahummagh-fir-lii (HR. Bukhari dan Muslim)
maha suci engkau ya Allah, ya Tuhan kami, dan ku memuji kepada Mu, ya Allah ampunilah aku

Do'a Sujud
subhanakallah humma rabbana wabihamdika allahummagfirli
maha suci engkau ya Allah, ya Tuhan kami, dan ku memuji kepada Mu, ya Allah ampunilah aku

Do'a duduk diantara dua sujud
Robighfirlii, warhamnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii, wa’aafinii, wa’fu ‘annii”
Ya Allah, Ampunilah aku, Belas kasihanilah aku, Cukupkanlah segala kekuranganku, Angkatlah derajatku, Berilah rezeki kepadaku, Berilah petunjuk kepadaku, Berilah kesehatan kepadaku, dan berilah ampunan kepadaku”

Bagaimana mungkin Allah tidak menyucikan kita dari keselahan kalau setiap sholat kita selalu membaca do'a permohonan ampun ?


0 comments:

Post a Comment