Tuesday, September 27, 2011

Kisah Cinta Arjuna Realita

Awal Kisah Pengembara Cinta sang Arjuna Realita


" Arjuna Realita "
Mendengar kata arjuna, yang mungkin tergambar di pikiran kita adalah sesosok Ksatria perkasa yang  pandai, pendiam, teliti, sopan-santun, berani dan suka melindungi yang lemah. juga wajah tampan rupawan karena itulah dalam pewayangan jawa arjuna memeliki julukan  Permadi yang berarti tampan. sang " permadi "  pun harus menerima " berkah " bahwa dia akan dikagumi oleh banyak gadis dan wanita di jagad. Bayangkan, Arjuna mempunyai 16 istri, mulai dari dewi Subadra hingga dewi Srikandi yang fenomenal. Arjuna yang selalu dielu - elukan dalam setiap pertandingan memanah yang menjadi kehebatannya tak pernah menjadi pecundang saat turun gelanggang, semua tulang rusuk pun mampu ia jinakan tidak tambah bengkok ataupun patah karena diluruskan. ya, dialah Arjuna sang dewa cinta dalam cerita imajiner yang selalu sempurna tanpa cela.

Namun, itulah Arjuna" khayalan " dalam tokoh pewayangan yang tak akan pernah ada dalam dunia nyata. Dimensi imajinasi yang terbatasi oleh realita membuat tokoh arjuna hanya akan selalu bersinar dan idaman wanita " khayalan, pun juga dengan  mereka yang mengaku " Arjuna " hanya akan berada pada batas angan - angan anak manusia. Karena pada kenyataannya, " Arjuna realita " bukanlah sosok yang tegar dan kuat dalam masalah cinta, wajah dan tingkah laku pun tak sampai pada titik sederajat. " Arjuna Realita " tak jarang terkena masalah pada cinta hingga semua yang terasa adalah duka. Padahal, " Arjuna realita " bukanlah sosok buruk rupa yang harus menanti pada satu cinta,  kesetiaannya hanya berujung pada satu rasa yang tak berbalas.

Entah, kenapa pada saat melihat gambar wayang Arjuna, ku teringat pada kisah sahabat sekaligus kakak. Kisah " Arjuna Nyata " yang dia perankan sempurna. Setiap penggal kisah tergambar negasi dari tokoh " Arjuna Imanjiner ",. Kalau " Arjuna Imajiner " adalah dewa cinta penakluk wanita, maka " Arjuna Realita " adalah pesakitan cinta yang tak dapat menaklukan wanita dan " hancur " karena cinta. Tak sedikit pun menetes sifat - sifat dan kepribadian " Arjuna Imajiner " pada dirinya, dalam darah  " Arjuna Realita " hanya mengalir sifat cerdik dan pandai, pendiam, teliti, sopan-santun, berani dan suka melindungi yang lemah, karena itulah modal yang akan digunakan dalam perjalanan cintanya.

Ini adalah kisah Arjuna yang Nyata. Mozaik kisah cinta dalam episode pengejaran cinta " Srikandi " yang merupakan putri dari Kyai. Alur maju yang progresif, tokoh - tokoh baru yang muncul tidak terduga, hingga moment - moment yang berulang tak kunjung usai menjadikan kisah Arjuna ini lebih menarik dari pada Romeo - Juliet, Layla dan Qoais dalam cerita Layla Majnun.
sebelumnya, ada note menarik membuka kisah ini, sebuah note di FB yang ditulis oleh rekan sejawat sejak kecil. berikut kutipan note - nya.


Kanggo koncoku nyolong garbis
Kanggo koncoku adus kali
Kanggo koncoku golek welut
kanggo koncoku angon wedu
Kanggo koncoku ngaji

Untuk sahabatku : Yoga Haryuna Al-Hafidz
Semoga bermanfaat!!!


Dua belas tahun yang lalu,  ketika menikmati segarnya buah semangka curian, kau menceritakan padaku  tentang kambing bengalmu yang bernama "Simone". Kau juga memamerkan kostum bola yang baru saja dibelikan oleh ibumu. Kostum bergambar 'elang ibukota' dan bertuliskan nama 'crespo'. Karena tak mau kalah, akupun memamerkan topi prestisiusku yang bertuliskan "Tersayang". Topi yang mampu menaklukkan hati seorang Jihan Fahira. Ya karena saat itu Primus Yustisio sedang gencar-gencarnya merayu Jihan Fahira dalam sinetron "Tersayang"-nya.

Namun kemarin kau menelponku. Bukanlah kambing ataupun kaos bola lagi yang kau ceritakan. Tapi kau menceritakan tentang hatimu. Tentang usahamu menyiram bunga hingga ia menjadi mekar. Namun ketika bunga itu telah mekar dengan indahnya dan siap untuk kau petik, kambing berkepala kotak yang tak tahu diri itu merusaknya. Aku tahu itu adalah keadaan yang sulit. Ketapelmu tak akan pernah menang melawan senapan AK-47 miliknya. Jangan kau pernah berfikir akan menjadi seorang mujahid dengan hanya bersenjatakan ketapel. Kalaupun mati, itu mati konyol kawan...
Namun ketapelmu akan menjelma menjadi sebuah rudal jika kau sandingkan dengan do'a. Dan kini Tuhan telah mendengar do'amu. Ketapelmu mengalahkan senapannya. Tuhan telah menunjukkan kuasannya. Kambing tak tahu diri itu telah kembali ke wujud aslinya. Ya, 'becik ketitik, olo ndas kotak'

Namun kau bilang, Tuhan sedang mengujimu kembali. Kini kau harus membuatkan ranjang untuk pengantinmu sendiri. Sungguh sulit kawan!!! Itu benar-benar sulit.
Sesaat setelah kau menutup telponmu, aku terpaku dan terdiam. Aku mencoba memposisikan diriku sebagai dirimu. Namun apa??? Aku tak kuasa kawan,,, Membayangkanpun aku tak sanggup, apalagi menjalaninya...!!!

Setelah sesaat aku berfikir, ternyata kita mempunyai satu masalah yang sama. Ya, bermasalah dengan kasta. Meski kita tahu bahwa kita mampu, tapi bagi kita percaya diri itu harus, namun tahu diri adalah wajib.

Kawan,,,
Cinta memang tak pernah meminta untuk menanti.
Jika dia mengambil, itulah keberanian.
Dan jika dia mempersilakan, maka itulah pengorbanan.

Pilihanmu sudah tepat. Kau telah memilih pilihan kedua. Karena di kasta kita, tak pernah mengenal pilihan pertama. yang kita tahu hanyalah berkorban dan pengorbanan. Aku yakin itu hanyalah ujian dari-Nya dan bersabarlah. Aku sangat yakin jika kamu mampu melewati ini semua, kau kan mendapat yang lebih baik. Bukankah sebelum kita naik kelas kita harus menjalani UAS terlebih dahulu???
You must endure the caterpilar if you want to see buterflies.

Jika aku menulis kisah hatimu, mungkin aku akan mengalahkan seorang William Shakspears. Karena kisah cintamu ini lebih indah dari Romeo dan Juliet. Namun tidak kawan, biarkan kita saja yang menikmati kisah ini. Biarkan itu menjadi cerita anak cucu kita kelak.

Tetaplah pada keyakinan kita bahwa kita tidak akan lahir dan mati di kasta yang sama.
Keep fighting kawan... Fastabiqul Khairat!!!

Pancen ora ono ceritane 'kopyah'ketemu 'caping'. Kopyah bakali ketemu kopyah.
Tapi bukan berarti kita selamanya memakai 'caping' kan???




Note: Lak 'ndas kotak' mbalik ngrusuhi maneh, lahir batin, bondho nyowo, ndunyo akherot aku siap ngewangi. Mulai detik iki, aku menyatakan perang (lagi) melawan 'ndas kotak'.SAH








Aston Hotel, Ketapang


Pontianak, Juli 10th, 2011
safii_anang

Itulah note yang menggugah tertulisnya cerita ini. Rasa sedih, haru, ingin ketawa kadang muncul saat mendengar cerita dari empu nya, dan sungguh " Arjuna Realita " juga manusia yang punya fitrah cinta, yang bisa saja tak bisa menaklukan dan ditaklukan cinta. Ekspresi cintanya selalu menawarkan candu untuk terus mengulang walau tahu sakitnya. Dan Cinta mampu merubah jalan kisahnya sampai dia mengakhri catatannya dalam paripurna pelaminan.

" Tidak ada yang lebih indah dalam sejarah perasaan manusia seperti saat ketika ia sedang jatuh cinta. Bukan karena dunia di sekeliling kita berubah pada kenyataannya. Tapi saat-saat jatuh cintalah yang seketika mengubah persepsi kita tentang dunia disekeliling kita. Tidak selalu karena wanita yang kita cintai itu memang cantik pada kenyataannya. Tapi cinta kita padanya yang membuatnya cantik dimata kita.".( anis matta _ serial cinta )

0 comments:

Post a Comment