Wednesday, December 3, 2014

GENESIS

Mengenal Software CEDAS


NEMOS (Nearshore Evolution MOdeling System) merupakan seperangkat program/software yang digunakan sebagai suatu sistem untuk mensimulasikan perubahan pantai dalam jangka panjang sebagai reaksi terhadap kondisi gelombang, struktur pantai, kegiatan teknik dipantai. Program ini dibangun didukung oleh program lainnya untuk dapat mensimulasikan pekerjaan tersebut diantaranya GENESIS ( model untuk menghitung perubahan garis pantai terutama yang disebabkan oleh gerakan gelombang dan dapat diterapkan pada berbagai kondisi, lokasi dan kombinasi groin, jetti, Breakwater terpisah, dinding pantai dan juga pengerukan pantai ), RCPWAVE (model 2D gelombang tetap, model finite difference untuk mensimulasikan penyebaran gelombang sepanjang kondisi batimetri sembarangan diluar area gelombang/surfzone) dan STWAVE ( menggunakan 2-D finite diffrence menggambarkan bentuk sederhana persamaan keseimbangan spektrum untuk mensimulasikan daerah pantai dengan waktu tak terbatas penyebaran spektrum energi gelombang). NEMOS sendiri merupakan bagian dari beberapa program analisis pantai yang disebut dengan CEDAS 2.01(Coastal Engineering Design & Analysis System). Program ini merupakan produk dari perusahaan VeriTech (Hanson, 1991).
NEMOS dibangun dan didukung oleh program lainnya yang terdapat di dalam, antara lain :
  1. RCPWAVE  (Regional Coastal Processes Wave)
Merupakan program untuk mensimulasikan penjalaran gelombang dan perubahan bentuk gelombang akibat adanya perubahan kontur dasar laut (batimetri).
  1. STWAVE (Steady-state Spectral Wave)
Merupakan sub program untuk transformasi dan membangun spektrum gelombang steady-state. Sub ini merupakan finite difference model dengan berdasar pembangkitan dan penjalaran dengan grid rectilinear 2 dimensi.
  1. SPECGEN (Spectrum Generator)
Merupakan sub program untuk import data membangun dan menampilkan spektrum gelombang untuk STWAVE.
  1. GRIDGEN (Grid Generator)
Merupakan sub program dalam NEMOS untuk membangun spatial domain dari wilayah kajian.
  1. WMV (Wave Model Visualization)
Merupakan suatu aplikasi untuk menampilkan hasil simulasi dalam bentuk gambar maupun grafik.
  1. WSAV (Wave Station Analysis and Visualization)
Merupakan sub program untuk analisi statistik dari data seri kejadian gelombang, menampilkan grafik hasil analisis serta menghasilkan kejadian gelombang yang representatif untuk simulasi.
  1. WWWL Data (Wave, Winds and Water Level Data)
Digunakan untuk editing data gelombang, dan tinggi muka air.
  1. WISPH3 (Wave Information Study Phase 3)
Merupakan sub program untuk transformasi spektral data gelombang

2 comments:

  1. izin menanyakan bagaimana utnuk bisa mendapatkan akses download software cedas?

    ReplyDelete
  2. izin menanyakan bagaimana utnuk bisa mendapatkan akses download software cedas?

    ReplyDelete