Tuesday, November 7, 2017

Pemodelan Buangan Limbah Panas dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel

Pemodelan Hidrodinamika dan Sebaran Limbah Panas 

Kebutuhan listrik bagi masyarakat terus bertambah seiringin semakin luasnya perkembangan wilayah industri, pusat - pusat perekomonian masyarakat serta laju petumbuhan penduduk. Hal ini ini memacu terus harusnya pertambahan pembangkit listrik yang salah satunya adalah pembangkit listrik tenaga diesel. Pada perencanaannya, mesin diesel sebagai pembangkit listrik memanfaatkan air laut untuk proses pendinginan mesin dan buangan proses pendinginan mesin ini menghasilkan limbah panas yang di buang ke perairan laut. Tentunya limbah buangan panas ini akan mempengaruhi perubahan suhu perairan di sekitarnya. 
Oleh karena itu, perlu adanya kajian komperhensif yang dilakukan untuk mengetahui apakah limbah buangan panas ini akan berdampak negatif terhadap perairan di sekitarnya dan ekosistem serta biota yang hidup di dalamnya. Seberapa jauh limbah buangan ini tersebar dan seberapa besar perubahan suhu yang terjadi pada saat sampai di lokasi perairan tertentu.
Semakin majunya teknologi bidang komputer dan teknologi kelautan semakin membantu untuk mengkaji pengaruh masukan limbah panas ke dalam perairan dan pola sebarannya dengan bantuan analisa numerik, yaitu dengan membuat model komputer dari kondisi nyata yang ada di lapangan. Pemodelan yang meliputi pemodelan hidrodinamika laut (arus - Pasang surut - Gelomabng) dan kualitas air. Skenario pemodelan hidrodinamika dan kualitas air disusun berdasarkan volume buangan limbah panas dan besarnya suhu yang keluar dari pipa buangan limbah panas. Pemodelan hidrodinamika dan kualitas air ini  dilakunan pada dua musim yang berbeda yaitu musim barat dan musim timur, sehingga dapat diketahui pengaruh perubahan suhu pada tiap musim dan pola sirkulasi yang terjadi di sekitar perairan tersebut. Hasil dari pemodelan ini telah diketahui sejauh mana limbah panas ini akan berdampak dan seberapa besar perubahan suhu yang terjadi ketika limbah panas ini mencapai suatu lokasi tertentu.


Modul model yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:
1. Hidrodinamika
2. Adveksi-Dispersi
3. GIS Kelautan
Aplikasi lainnya yang dapat diterapkan adalah sebagai berikut:
1. Buangan Limbah Panas
2. Kualitas Perairan
3. Kajian Dampak Lingkungan


Pemodelan Hidrodinamika dan Kualias Air ini sangat membantu dalam hal penyusuan Kerangka Acuan (KA), ANDAL (Analisa Dampak Lingkungan), Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL), Rencana Pemantauan Lingkungan Hidup (RKL) dalam proses perizinan lingkungan terhadap pembangunan Pembangkit Listrik tersebut.

Selanjutnya Data sebaran panas akan diinterpretasikan melalui peta Rona Awal Lingkungan dan dipetakan dampak panas terhadap ekosistem yang telah dipantau ketika Survei Rona Awal Lingkungan. Hal ini kemudian diukur dengan parameter baku mutu lingkungan yang telah ditetapkan pemerintah guna menjamin keberlangsungan pembangunan berkelanjutan.

Adapun yang perlu dilakukan dalam Pekerjaan ini adalah;
1. Survei Hidro-oseanografi
2. Survei Rona Awal Lingkungan
3. Pemodelan Hidrodinamika dan Kualitas Air
4. Analisa Hasil Pemodelan 
5. Pengambilan Kesimpulan 

Kami adalah Konsultan Pantai dan Lingkungan dan telah ahli dalam bidang Pemodelan Hidrodinamika dan Kualitas Air serta survei - survei yang mendukung dari pekerjaan Analisa sebaran Panas dari Limbah Panas Outfall PLT.

Contact :
Muhamad Baharudin Fahmi
WA : 089676363990
Phone : 0852 5940 2290
Email : baharudinfahmi@gmail.com / baharudinfahmi@yahoo.co.id

We Are 2/3D Coastal and Enviromental Modeling Expert

0 comments:

Post a Comment