Sunday, November 12, 2017

MIKE 2017 vs SMS vs DELFT 3D vs GENESIS

Akhirnya saya dapat mengakses MIKE 2017 yang menurut saya akan segara dapat menggeser para pesaing dalam bisnis penyedian jasa software analisa numerik untuk pemodelan perairan laut meliputi gelombang, arus, pasang surut, sedimentasi, perubahan garis pantai, kualtias air. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa selain DHI MIKE, beberapa developer yang juga eksis pada bidang yang sama seperti SMS (Surface Water Modeling System), Delft 3D, GENESIS - CEDAS sampai saat ini saya nilai belum dapat melakukan pemodelan secara komperhensif seperti halnya DHI MIKE.

SMS (Surface water Modeling System) besutan AQUAVEO mampu memodelkan Gelombang, Arus, Pasang Surut dan Sedimentasi secara bersamaan atau terintergrasi hanya baru pada pendekatan finite Different Methode dengan menggunakan model CMS (Coastal Modeling System) sedangkan untuk finite element methode masih belum bisa dilakukan. 
Pemodelan kualitas air dengan menggunakan SMS dengan segala modulnya masih belum mampu secara lengkap dapat di lakukan. SMS hanya mampu menangani pemodelan sebaran panas dan densitas. Pemodelan limbah cair dengan menggunakan SMS (Surface water Modeling System) masih belum bisa dilakukan terutama berkaitan dengan bahan kimia dan logam berat dari pencemarnya seperti NH3, BOD, COD, Fe, Hg dan lain - lain.
Selain pemodelan di atas, SMS juga sudah mampu memodelkan perubahan garis pantai dengan menggunakan GENCADE (GENesis CAse caDE) yang merupakan mengembangan dari software GENESIS - CEDAS yang kemudian disesuaikan dengan tampilan dan fitur pada SMS itu sendiri. Secara umum hampir tidak ada perbedaan dari SMS - GENCADE dan GENESIS dalam kemampuan analisa perubahan garis pantai.

Delft 3D memiliki kemampuan melakukan pemodelan gelombang dengan SWAN dan pemodelan arus - sedimentasi yang dapat dilakukan secara terintegrasi. Pendekatan dalam meshing menggunakan Finite different Method dengan curvelinier memungkinkan dilakukannya perbedaan kerapatan daerah meshing. Sehingga mampu dilakukan penambahan ketelitian perhitungan model pada daerah yang akan menjadi fokus dari studi. Sedangkan untuk pemodelan Kualitas Air, Delft 3D belum mampu melakukan untuk polutan bahan kimia sebagai pencemar utamanya.

GENESIS - CEDAS adalah perangkat lunak perhitungan numerik untuk pemodelan perubahan garis pantai, dan gelombang steady. Perhitungan perubahan garis pantai dengan parameter gelombang, angin, pasang surut, arus, D50 sedimen dasar. sedangkan untuk kualitas air, GENESIS tidak menyediakannya. Selain itu, GENESIS belum dapat memberikan gambaran tentang pola sedimentasi dan arusnya. Hal ini disebabkan GENESIS hanya menyediakan input arus tanpa ada running model arus dalam GENESIS itu sendiri. Sehingga tidak jarang GENESIS harus bekerjasama dengan MIKE untuk 1 buah pekerjaan yang besar.

MIKE 2017 ada versi terbaru dari yang telah dikeluarkan DHI sampai hari ini. kemampuan pemodelannya sudah mulai lengkap meninggalkan para kompetitornya di atas yang telah saya sebutkan. Hal ini karena kelengkapan yang ada pada MIKE 2017 telah mampu melakukan pemodelan seperti para kompetitornya bahkan dibeberapa sisi lebih unggul.

Pemodelan Arus, Pasang Surut, Gelombang dan Sedimentasi pada MIKE 2017 telah mampu melakukan pemodelan semuanya dalam satu rangkaian model terintergrasi baik dengan pendekatan finite deferent method maupun Finite Element Method.

Pemodelan Perubahan Garis Pantai - MIKE 2017 selangkah lebih maju dibandingkan dengan GENESIS mapun SMS dalam memodelkan perubahan garis pantai. Hal ini karena MIKE 2017 telah mampu menggabung semuanya baik Pemodelan pasnag surut, arus, gelombang, pola sedimentasi dan perubahan garis pantai dalam satu model utuh secara terintegrasi. Hal ini memudahkan pengguna melakukan bebera pekerjaan hanya dalam satu tempat sekali selesai.

Mooring Analysis MIKE 2017 dilengkapi dengan perangkat pemodelan gelombang yang di integrasikan dengan analisa terhadap kekuatan mooring pada tambatan kapal dengan pertimbangan perhitungan yang sudah sesuai dengan standart perhitungan pada umumnya.

2 comments:

  1. Assalamu'alaikum. Wah ini membantu banget mas tulisannya. Aku mau nanya nih secara spesifik apa yg bikin SMS GenCAD lebih baik drpada Genesis?

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum... Cara dapatkan aplikasi cedas genesis gimanaya pak?

    Soalnya Skripsiki menggunakan aplikasi tersebut

    ReplyDelete