Tuesday, December 31, 2013

Gowes Sejarah Surabaya

Ahaayy…. Akhirnya liburan ini datang juga, setelah merencanakan dari bulan oktober. Akhirnya semua berantakan. Tak ada bromo, tak ada sempu, ta ada pula gunung semeru. H-2 dan H-1 semua dibatalkan. Tidak ada yang bisa datang dari keluarga Resholusi 6 yang ada di Malang. Damay yang sudah siap2 untuk melaksanakan sidang skripsinya.. (kami tunggu undangan Yudisiumnya), Adam, Ria Sinaga taka da yang bisa, tersisa Fatatus yang bisa. Namun karena akhirnya pasangannya Puput Pujingga tak bisa pula, gak mungkin kita erangkat wisata. Sedang yang di Surabaya ada Arif Ardiansyah yang bisa untuk berangkat berlibur. Kholid yang sibuk dengan Proyek Akhirnya, Supri yang pusing dengan kodingnya, Andi Hakim yang berjuang melawan sakitnya (Semoga lekas sembuh saudara ku).  Praktis tinggal aku, arif dan Fatatus. Gak mungkin kalau Cuma bertiga terus jalan-jalan. Semua rencana yang ada harus segera dicoret. Tak ada alternative ke Jogja, tak pula ke Sempu.
Namun liburan ini tak boleh terlewatkan begitu saja, karena akan sangat sayang. Tidak ada lagi cerita melepas rindu, berbagi keluh kesah sampai berbagi cerita asmaara. Tapi tak apa, liburan harus dinikmati, ada atau tidak adanya mereka di samping kita (semoga kelak kita bisa, sebelum menyematkan toga). Maka taka da lagi pilihan liburan selain Gowes di Surabaya saja. Namun harus tetap mencari menariknya Surabaya itu apa. Rada sulit memang, tapi bukan berarti tidak ada bukan ?
Gowes Sejarah
Mungkin ini bisa menjadi alternative e mengisi liburan akhir pekan atau libur pas ada tanggal merah. Tek perlu keluar uang banyak tapi sangat memuaskan untuk sekedar melepas penat setelah sepekan bekerja. Cuma berbekal sepeda untuk Gowes, kita bisa mengunjungi wisata sejarah yang ada di Kota Surabaya. ini yang tak lakukan untuk mengisi liburan Natal kali ini, sambil melepas rindu bersama Arif Ardiansyah. Teman sejak SMA, tiga tuhun sekelas dan setahun satu bangku. Sangat memuaskan, hingga ingin mengulangi lagi dilain kesempatan jika ada. Anda juga bisa mengikuti track wisata gowes sejarah ini dan bisa memakai tips yang akan saya berikan selama melakukan wisata gowes ini. mulai jam 07.15 sampai dengan  17.30. sangat memuaskan, seru pokoknya. Nikmati sendiri sensasinya.. Wisata kota Surabaya..
“siap, kumpul jam 07.15 dengan semua perlengkapan dan telah mengecek semua keamanan sepeda”. Kita mulai perjalanan kita dari Jl. Kejawan Gebang III, kost2an paling ujung. Aku, Arif Ardiansyah serta kakaknya yg bernama saiful. “kita berangkat”. Tujuan pertama kita adalah Wisata Sejarah Monumen Tugu Pahlawan dan Museum sekalian. Agar menikmati perjalanan dengan lebih enak, kita ambil rute dari Jl. Mulyosari – Jl. Kenjeran – Kapasan – perempatan belok kiri di Jl. Kapassari – Jl. Kalianyar – Jl. Jagalan – Jl. Pasar BesarWetan – Monumen Tugu Pahlawan. Rada jauh memang, tapi terbayar deeehhh.
Monumen W.R Soepratman
Kalau tidak jeli, kita tidak akan pernah melihat kalau ternyata ada monument penulis lagu kebangsaan Indonesia Raya yang setiap senin pasti berkumandang di Sekolah-sekolah. Memang lokasi yang tidak begitu istimewa sebenarnya untuk seorang pahlawan bangsa ini. Monumen W.R Soepratman ini di Jl. Kenjenran depan makam Rangkah. Kondisi pohon yang rindang di depan tidak memperlihatkan bahwa di balik pagar yang tinggi itu adalah monument yang bersejarah. Ditambah daerah situ merupakan daerah yang sangat macet pas hari kerja, mungkin anda tidak akan sempat untuk menoleh untuk mencari monument tersebut (kalau menoleh bisa nabrak orang di depannya). Tips buat anda, jika kesana pada pagi hari, berhati-hatilah karena daerah sebelum monument ini adalah Tempat pengumpulan sampah. Yahh agak bau sedikit lah.. paling kita juga menyumbang sampah seperti itu juga. Selain itu, kalau anda datang pada pagi hari, biasanya pintu gerbang belum dibuka. Sehingga anda harus mencari juru kunci monument dan makan W.R Supratman di rumahnya. Rumahnya ada samping makam, pintu belakang juru kunci itu terhubung langsung dengan kompleks Monumen.  Akan banyak yang anda dapatkan adari mengunjungi Monumen W.R soepratman.  Semuanya ada disitu.

lagu Indonesia Raya versi I

Lagu Indonesia Raya versi II

lagu Indonesia Raya Versi III

sudah mulai dilupakan

Monumen Tugu Pahlawan
Siapa yang tidak kenal dengan Tugu Pahlawan, icon Surabaya. sampai cak curo ngomong “kuping ku koyok di sogrok2 tugu pahlawan”, ketika cak boyo nyanyi. Selain itu, Tugu Pahlawan merupakan symbol sejarah penghargaan terhadap para pahlawan perjuangan Surabaya dan pahlawan pada pertempuran 10 Nopember. Sampai-sampai di sana terdakat monument pahlawan tidak dikenal. Banyak yang bisa kita dapat di sini. Sejak masuk pertama kita akan dapat lihat relief di dinding depan yang menceritakan suasana perjuangan melawan penjajahan. Masuk pintu gerbang kita langusung dihadapkan dengan dua patung proklamator. Ir. Soekarno dan Moh. Hatta. Berjalan ke kanan atau kiri dari pintu gerbang, kita bisa lihat koleksi senjata perang berbagai jenis meriam yang dulu digunakan. Disisi kanan pintu gerbang ada koleksi patung-patung Pahlawan dari Surabaya. Gurbenur Suryo dan Bung Tomo juga tak ketinggalan mobil pribadi yang dulu digunakan oleh Bung Tomo. Tepat lurus kita bisa langsungmenghormat pada bendera dan menyaksikan kegagahan dari Tugu pahlawan. Disudut dari Taman kita bisa masuk ke dalam Museum. Tapi kalau kesana jangan pas tanggal merah, tutup. Soalnya pegawainyakan PNS, kalau tanggal merah libur. Kalau pas tamannya berbunga kita dapat mengambil gambar bunga adenium. Serta bunga teratai yang berada di kolam atas museum (museumnya ada dibawah soalnya). Silahkan nikmati sendiri setelah ini..

Monumen pahlawan tak dikenal
House Of Sampeerna
Pada mulanya ini adalah pabrik rokok dan juga rumah dari pemilik pabriknya, memang sudah menjadi tradisi membuat rumah berada di sebalah pabrik. Ada tiga bangunan, banguna dua rumah dan satu pabrik yang berada di tengah. Sehingga kalau kita lihat dua rumah itu ibarat benda dan bayangan di kaca, karena sangat mirip dan bangunan tengah yang merupakan pabrik sebagai cerminnya. Dari dua rumah itu kita hanya bisa ke satu rumah daja yang merupakan tempat untuk kita mendaftarkan diri sebagai Tracker dari HOS (house Of Sampoerna). Sedangkan rumah yang satunya adalah rumah pribadi yang masih ditempati ketika pemilik sedang berada di Surabaya. HOS adalah Museum yang menceritakan awal berdirinya Pabrik Rokok Sampoerna sampai perkembangannya saat ini. disana terdapat pula pusat oleh-oleh dan cindera mata untuk dibawa pulang (jika beli).
Banyak benda-benda bersejarah yang ada disana, peralatan tradisional yang dulu digunakan untuk mencetak  bungkus rokok, alat untuk mengukur takaran serta alat untuk mengukur seberapa berat hisapan rokok yang telah diproduksi. Selain itu di sana juga terdapat koleksi macam-macam gambar bungkus rokok yang pernah dibuat oleh sampoerna serta berbagai macam bungkus korek api. Ada juga contoh tembakau dan cengkih yang digunakan untuk pembuatan rokok sampoerna. Jadi kalau anda alergi dengan bau-bau itu saya sarankan pakai penutup hidung. Selain itu ada juga berbagai foto koleksi dari perkembangan perusahaan sampoerna.  Itu tadi yang berada pada lantai satu. Selanjutnya anda harus ke lantai dua untuk menikmati souvenir yang disediakan kalau mau beli. Tapi yang paling menarik dari lantai dua adalah buku-buku yang disediakan. Ada buku sejarah tentang Surabaya tiga jilid. Kita bisa melihat perkembangan kota Surabaya lengkap dengan foto-foto tempoe doeloe. Serta kerajinan tangan perahu dari cengkeh yang disusun rapi. Luar biasa. Karena banguan ini sebenarnya adalah pabrik, maka dari lantai dua kita bisa melihat tempat penggilingan rokok secara manual di bawah. Memang lantai dua ini didesain untuk mengawasi kinerja para pegawai.
Setelah anda puas di dalam rumah, sebagainya anda mencoba menjadi tracker dengan Bus dari HOS. Keliling tempat bersejarah di kota Surabaya dengan dipandu oleh guide yang sangat hafal dengan semuanya. Ada dua macam perjalanannya. Long track dan short track. Short track butuh waktu satu jam, sedangkan long track butuh waktu dua jam. Hari-hari tertentu saja adanya long track. Kalau short track mulai  jam 13.00-14.00 dan 15.00 – 16.00. sayangnya tidak ada yang malam, kalau ada pasti tambah menarik.

marching band Sampoerna

alat untuk membuat bungkus rokok

susunan perahu dari cengkeh

Perahu dari susunan cengkeh

Mahakarya Indonesia tema foto di galery art

Peta Jalut keliling naik bus HOS
 setelah selesai dari Samporena House, niatnya ke Monumen Yos Sudarso di pangkalan ARMARITIM. ehh.. ternyata harus ada izin dulu karena masuk kawasan terlarang. sudah capek2 dari sana tapi gak boleh masuk. istirahat di masjid komplek markas Armaritim aja sambiil menghimpun tenaga untuk pulang.