Wednesday, August 21, 2013

Napak Tilas Jenderal Sudirman

salah satu monumen persinggahan Panglima Besar Sudirman yang berada di lokasi wisata roro kuning

Merasakan Rute Gerilya Jendral Sudirman

Sejarah kemerdekaan Indonesia diwarnai dengan goresan tinta emas perjuangan yang tidak kenal lelah sampai titik darah penghabisan. salah satu Pahlawan besar negeri ini adalah Panglima Besar Jenderal Sudriman. beliau adalah penggagas terbentuknya Tentara Keamanan Rakyat yang merupakan cikal bakal terbentuknya TNI yang salama ini masih eksis. Nama beliau melambung setelah pecahnya perang di ambarawa yang lebih kira kenal dengan Palagan Ambarawa, perang lima hari berturut-turut antara pasukan NICA melawan TKR.
Pada pecah perang agresi militer I dan II, Jenderal sudirman masih memimpin perang, meskipun dalam tandu karena penyakit tubercolosis yang mengerogoti paru-parunya. salah satu strategi perang yang beliau cetuskan ketika memimpin perang dari dari dalam tandu adalah strategi gerilya yang memang cukup efektif untuk mengelabuhi tentara lawan dan efektif alam menyerang. dalam beliau bergelirya selalu menumpuh rute yang sangat jauh dan mungkin tidak terpikirkan oleh lawan. sebab beliau selalu keluar masuk hutan.
salah satu rute gerilya panglima jendaral sudirman terdapat di daerah nganjuk, dari desa Bajulan sampai Sawahan. rutenya pun sangat menantan untuk dijelajahi, selain menyajikan pemandangan yang sangat bagus karena daerah pegunungan.setiap tahunnya di nganjuk diadakan napak Tilas rute gerilya panglima besar sudirman rute bajulan sampai sawahan. karena memang selain di Nganjuk juga ada rute gerilya panglima sudirman yang berada di daerah Kediri. pesertanya pun bermacam-macam, mulai dari siswa SMA sampai bapak-bapak dan biasanya juga diikuti oleh Bupati Nganjuk. Menariknya lagi, ada hadiah yang akan dibagikan kepada peserta dengan undian kupon. jadi peserta yang mendaftar dengan harga kupon 50.000, mendapat satu kupon, konsumsi, id card dan piagam. pendaftarannya pun bisa perkelompok atau perorangan. 
perjalannan yang diawali dari lapangan bajulan dan finis di lapangan sawahan. melewati daerah paling ujung dari nganjuk, salam judeg. disana ada pos peristirahatan yang siap menampung peserta yang kelelahan. meskipun dalam perjalanan juga ada tim kesehatan yang mengikuti perjalanan. jadi tidak perlu khawatir kalau tidak kuat.
bagi anda yang akan mengikuti kegiatan ini, saya sarankan untuk latihan fisik. jalan-jalan aja yang jauh pokoknya fisik kuat. selain itu lebih baik anda menyewa kendaraan untuk pergi ke lapangan bajulan, karena nanti akan finis di lapangan sawahan dan tidak kembali ke bajulan. selain itu, karena start dimulai dari jam 6 pagi. lebih baik anda menginap di lokasi pemberangkatan. biasanya banyak juga yang menginap disana dengan mendirikan tenda. dari pada anda pagi-pagi buta berangkat dari rumah ke lokasi. capek duluan sebelum berangkat. saat turun anda bisa menyewa angkot untuk sampai kota nganjuk.

Ayo ikut..

0 comments:

Post a Comment