Wednesday, April 13, 2016

Prediksi Pasang Surut dengan Mike 21

Pasang surut laut merupakan suatu fenomena pergerakan naik turunnya permukaan air laut secara berkala yang diakibatkan oleh kombinasi gaya gravitasi dan gaya tarik menarik dari benda-benda astronomi terutama oleh matahari, bumi dan bulan. Pengaruh benda angkasa lainnya dapat diabaikan karena jaraknya lebih jauh atau ukurannya lebih kecil.

Faktor non astronomi yang mempengaruhi pasut terutama di perairan semi tertutup seperti teluk adalah bentuk garis pantai dan topografi dasar perairan. Puncak gelombang disebut pasang tinggi dan lembah gelombang disebut pasang rendah. Sedangkan perbedaan vertikal antara pasang tinggi dan pasang rendah disebut rentang pasang surut (tidal range).

Tipe pasut ditentukan oleh frekuensi air pasang dengan surut setiap harinya. Jika suatu perairan mengalami satu kali pasang dan satu kali surut dalam satu hari, maka kawasan tersebut dikatakan bertipe pasut harian tunggal (diurnal tides), namun jika terjadi dua kali pasang dan dua kali surut dalam sehari, maka tipe pasutnya disebut tipe harian ganda (semidiurnal tides). Tipe pasut lainnya merupakan peralihan antara tipe tunggal dan ganda disebut dengan tipe campuran (mixed tides) dan tipe pasut ini digolongkan menjadi dua bagian yaitu tipe campuran dominasi ganda dan tipe campuran dominasi tunggal.

Karena sifat pasang surut yang periodik, maka pasang surut dapat diramalkan. Untuk meramalkan pasang surut, diperlukan data amplitudo dan beda fasa dari masing-masing komponen pembangkit pasang surut.

Bagaimana memperoleh, mengolah dan mengintegrasikan data pasang surut untuk penentuan Indeks Kerentanan Pesisir ?

1. Download Data pasang surut secara online di alamat disini

2. Pilih data real - time data series

3. Zoom daerah yang akan dipilih dan pilih research quality data


4. Pilih data yang akan diambil


5. Buka Mike 21

6. File ----- New

7. Pilih Mike 21 Toolbox
8. Pilih Tide Predection

10. setup dan next

11. layar constituent description, 
> Prediction based on user defined constituent berlaku apabila kita memiliki nilai konstanta pasut di daerah yang akan diprediksi pasutnya tersebut
> Prediction based on global tide model data dipilih apabila kita hanya memiliki
koordinat titik pasut tersebut tanpa memiliki konstanta pasutnya

12. pilih point dan atur waktunya

13. Excute Program

14. Finish

0 comments:

Post a Comment