Wednesday, December 16, 2015

Menuliskan (lagi) tentang ilmu

"Assalamu'alaykum, apa kabar blogger dan fans sekalian?"

saya dengan rendah hati memohon maaf  kepada Blogwalking sekalian yang  kangen  mencari tulisan terbaru. Andaikan blog ini ibarat rumah, bisa jadi sekarang blog saya mungkin sudah penuh dengan sarang laba-laba dan tikus berkeliaran berkejar-kejaran dengan kecoa. (haaiisss). Untung saya blogger tidak menyediakan fasilitas kayak facebook yang begitu lama tidak posting sesuatu ditanya "piye kabarmu? isek sehat tho?". (haahaa.. nggak lah... lha wong mark iku mesti takon "apa yang anda pikirkan hari ini?"). Atau Fasilitas tentang kenangan-kenangan masa lalu, bisa jadi remaja yang gaul  tersesat didunia percintaan gagal move on terus. lha bagaimana, tiba-tiba muncul di timeline kenangan 2-3 tahun yang lalu. Bayangkan kalau blog seperti itu, yang lama tidak posting akan muncul sarang laba-laba dan akan beranak pinak selama berbulan-bulan jika tidak posting sesuatu.. bisa jadi blog saya ini akan penuh dengan laba-laba dan anaknya.

sebenarnya saya bukan kekurangan bahan tulisan, hanya saja terlalu sibuk  tidak menyempatkan untuk menuliskan pengalaman dan ilmu-ilmu dari ustadz ketika menghadiri majelis ilmu. saya juga masih menyimpan bahan tulisan tentang ilmu bidang kelautan yang saya geluti. tentang bagaimana studi potensi arus dan numerical modeling yang mungkin sudah dinanti banyak orang yang mencari solusi tentang tugas akhir maupun pekerjaannya. 

Sebagai rasa tanggung jawab atas ilmu yang telah sampai kepda saya dan wajib untuk disebarkan. maka rasanya saya mempunyai hutang yang banyak kepada blogwalking dan fans  yang sering datang berkunjung di beranda hanya sekedar tuk menemani ngopi.

Sebagai seorang Freelancer pencari rezeki diatas tawakal kepada Allah (biasanya orang yang sudah punya pekerjaan tetap tawakalnya kurang sebab sudah jaminan pendapatannya) yang bekerja siap datang menerima panggilan, kadang harus mengerjakan 2-3 pekerjaan dengan load yang hampir sama dalam waktu yang bersamaan. seperti akhir tahun ini, 4 pekerjaan yang non linier harus dikerjakan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

untuk itu, penulis memohon kepda Allah SWT agar dilindungi dari ilmu yang tidak bermanfaat dan ketamakan hati yang tidak pernah merasa puas sehingga tidak khusyu dalam beribadah;

اَلَّلهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لاَيَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسِ لاَ تَـشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَ يَسْـتَجَابُ لَهَا 

“Ya ALLAH, sesungguhnya aku berlindung kepada Mu dari Ilmu yang tidak bermanfaat, dan hati yang tidak khusyu’, dan dari jiwa yang tidak pernah puas dan dari do’a yang tidak terkabulkan "

NB: Ditulis dengan menyempatkan waktu disela-sela target kerja yang menumpuk.
pesan penulis : Jangan tinggalkan sastra sesibuk apapun kerja kita (selain al-qur'an dan kajian2 islam).

Terakhir, tunggu tulisan saya selanjutnya tentang Studi potensi arus laut, numerical modeling, perjalanan ke Nusa Penida Bali dan menghitung struktur laut. Selain itu tentang hikmah - hikmah yang tercatat selama perjalanan ini

0 comments:

Post a Comment