Saturday, September 7, 2013

CAPITA SELECTA

#1
Mutiara Pemikiran  M. Natsir  dalam Perjalanan Bangsa

Mungkin kita sudah lupa, kalau bangsa ini pernah memiliki putra terbaik dalam pentas perjuangan pendirian republic ini. Beliau Ulama, guru, wartawan serta Negarawan yang piawai dalam diplomasi. Karya besar beliau dalam pendidikan adalah Terbentuknya Lembaga Pendidikan di organisasi yang membesarkannya, Persis. Karya beliau yang terbesar sebagai Negarawan adalah penyelesaian konflik Indonesia dan Malaysia tanpa pertumpahan darah, tapi dengan diplomasi. Sebagai seorang ulama, beliau adalah salah satu penggagas dan ketua DDII (Dewan Dakwah Islam Indonesia) yang tetap eksis sampai hari ini. Semua karya dan pemikiran – pemikaran beliau terangkum menjadi satu dalam buku berjudul “CAPITA SELECTA”. Kepiawaian beliau menulis, membuat semua gagasan dalam buku yang terangkum dalam dua jilid ini sangat mengagumkan. Pemikiran yang bisa dikatakan “melewati zamannya”
Membaca buku CAPITA SELECTA ini, kita akan dapat memahami bagaimana kondisi pada saat tulisan ini dibuat. Setiap penulisan tercantum jelas, tanggal, bulan, tahunnya. Kita bisa melihat kembali sejarah bangsa ini, karena M. Natsir adalah salah satu dari founding father bangsa ini. Sebagai Muslim Negarawan, semua tulisan-tulisan beliau mempunyai tujuan mengembalikan ingatan kita akan tingginya nilai ajaran islam. Hujjah dan cara penyampaian yang elegan membuat buku ini tidak akan pernah lekang oleh perubahan zaman. Masih ingatkah kita, bahwa sejarah akan selalu dipergulirkan, bahwa sejarah akan selalu berulang. Kita akan menjumpai masalah yang sama dengan pendahulu kita, hanya beda waktu dan bungkus. Membaca sejarah adalah memaknai setiap langkah dan pengalaman.

Pada tulisan ini, mungkin akan diuraikan beberapa tulisan M. Natsir yang ada dalam buku CAPITA SELCTA jilid pertama.  Tentang  kebudayaan-filsafat, Pendidikan, Agama, ketatanegaraan,  serta bunga rampai pemikiran. Sangat lengkap bukan ?. Guru, Negarawan, Ulama serta pemikir kemaslahatan umat. Jangan lewatkan tulisan-tulisan selanjutnya tentang pembahasan tulisan M. Natsir. Masih ada CAPITA SELECTA jilid dua. Sering-sering aja kunjungi Blog ini.

0 comments:

Post a Comment