Wednesday, October 9, 2013

[seri 1] Sisi Lain Dunia sekitar kita


Sejenak mari kita perhatikan , orang-orang di sekitar kita, kejadian-kejadian di sekitar kita. Setelah itu, renungkanlah semua yang anda lihat. Sungguh,Allah memberikan banyak hikmah yang tersimpan di sisi lain kehidupan sekitar kita. Sekarang, tinggal kita bisa atau tidak melihat semua itu, menjadi ulul albab seperti yang telah difirmankan dalam Al-qur’an:
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Ali Imran : 190-191)
Dan dalam pergiliran siang dan malam, selalu ada aktivitas anak adam yang mungkin luput dari perhatian yang mendalam. Mari ke sini, rehat sejenak bersama mengambil hikmah yang berserakan.  Datanglah dan bacalah dengan nama Tuhan mu yang telah menciptakan semua itu..
Kisah #1 : Teknologi itu Mengalihkan dunia mu
Ketika anda masuk rumah makan, restoran, warung atau apaun namanya pokoknya tempat makan. Sapulah seluruh ruangan dengan pandangan anda. Perhatikan semuanya. Bukan menu makanannya!!, karena kita tidak akan membahas itu untuk sekarang. Perhatikan apa yang mereka semua lakukan, perhatikan semua gerakan mereka. Apa yang anda lihat ??.  Anda mungkin akan melihat seperti apa yang lihat. Semua orang, anak-anak, remaja sampai orang tua semua memegang Handphone.  Dan apa yang mereka kerjakan dengan handphone mereka ??. main Game. Bayangkan kawan, mereka berkumpul dalam satu meja, dalam satu forum. Namun mereka semua berada di dunia yang berbeda. Raga mereka berada di situ, berkumpul melingkari meja. Tapi jiwa dan pikiran mereka tidak lagi bersama. Semua asyik dalam dunia masing-masing. Padahal banyak yang dapat mereka bicarakan dengan santai dalam meja makan. Tapi itulah mereka. Semoga anda bukan bagian dari mereka.
Pernah ada satu keluarga dalam satu rumah makan, yang mereka laukan bukan mengobrol, bercanda atau berdiskusi tentang rencana-rencana keluarga. Mereka malah asyik dengan kegiatan masing-masing. Si anak yang asyik dengan game di Smartphone-nya, sang kakak sedang asyik dengan tweeter dan facebook-nya, si ibu yang malah tenggelam ber-sms dengan ibu-ibu PKK dan sang ayah yang masih saya menelepon sana-sini urusan bisnisnya. Hahh… apa-apaan ini ?. teknologi itu telah mengalihkan dunia mereka. Meja makan tidak lagi menjadi tempat yang asyik untuk berdiskusi dan merekatkan keluarga. Bahkan mereka makan masih dengan asyik dengan Handphone masing-masing. Tenyata kedekatan raga sekarang bukan berarti kedekatan jiwa..
Teknologi itu, mengalihkan dunia mu

Kisah #2 : Belajar dai bapak Ciputra
Inilah cara bijak menggunakan teknologi.
Pernah ada cerita dari orang-orang yang pernah bertemu dan melakukan rapat dengan Pak Ciputra. Unik ceritanya.  Semua orang yang pernah membersamainya pasti akan menceritakan ini. Ada ciri khas tersendiri dari setiap rapat-rapat Pak Ciputra. Semua harus memperhatikan dengan seksama dalam rapat, mulai dari dibuka sampai ditutupnya rapat. Apa yang pak ciputra lakukan hingga terkenang oleh semua orang yang pernah rapat bersamanya ?. Ternyata hanya masalah sepele, Namun sangat berdampak. Dalam setiap rapat-rapat bisnisnya, Pak Ciputra selalu mengatakan di awal “silahkan Handphonenya di angkat. Silahkan digeser ke tengah”. Hanya itu.!!!. bukan untuk saling pamer atau membanding-bandingakan Handphone. Ssepele bukan. Hanya untuk mengumpulkan Handphone selama rapat berlangsung.Pak Ciputra belajar dari pengalaman ketika rapat dimulai, bersamaan itu pula semua orang asyik dengan kegiatan bersama smartphone mereka. Hingga akhirnya beliau pakai cara pengumpulan Handphone yang cukup efektif.

Dalam setiap rapat-rapat kita, mungkin perlu kita berlakukan aturan ini. Hingga setiap rapat yang kita lakukan tidak perlu lama-lama dan hasil yang dikeluarkan adalah  hasil yang brilian. Bijaklah menggunakan teknologi, jangan sampai menjadikan anda keledai akibat teknologi

0 comments:

Post a Comment