Wednesday, October 9, 2013

Selangkah Menyelesaikan Permasalahan Umat


Kalau kita bertanya tentang permasalahan umat ini, maka jawabannya sangat banyak hingga tidak ada kertas yang sanggup menampung list permasalahan umat tersebut. Sering kita ikuti berita, seminar atau kajian-kajian yang bertemakan tentang permasalahan umat dan tantangan global ke depan. Namun, dalam menghadapi sederet permasalah umat itu, mungkin akan ada empat kelompok orang yang berbeda. Orang pertama adalah orang yang tau permasalahan umat, namun  tak tau harus berbuat apa. Ada orang tidak tahu dan tidak mau tahu permasalahan umat. Orang yang tahu permasalahan umat dan tahu bagaimana cara menyelesaikannya namun tidak bergerak menyelesaikannya. Orang yang tahu permasalahan umat, tahu solusi penyelesaiannya dan bergerak menyelesaikannya.
Kalau kita lihat lagi dari deretan permaslaahan umat ini adalah kemiskinan yang akhirnya menyebabkan permasalahan lainnya. Kemiskinan menyebabkan pendidikan adalah nomer sekian dari prioritas keluarga. Karena kemiskinaan, banyak anak yang seharusnya menikmati belajar harus ikut menyokong agar dapur tetap ngebul. Masih banyak lagi akibat yang ditimbulkan oleh kemiskinan, paling parah adalah pemurtadan karena ekonomi. Naudzubillah min dzalik
Gerakan Rp.1000 per hari
Sekarang kita renungkan dengan seksama hal berikut ini
Rp.1000 = harga Parkir motor
Rp.1000 = harga ke toilet terminal
Rp.1000 = harga satu batang rokok
Rp.1000 = harga SMS harian kita
Tapi mari kita hitung ulang uang Rp.1000 ini agar mampu mengubah dan menyelesaikan permasalahan umat ini. Dengan kita mengajak banyak orang bergabung dalam gerakan Rp. 1000 per hari. Dengan istiqomah dan kesungguhan kita untuk menepati janji Allah, maka hasilnya kan sangat luar bisa sebagai langkah menyelesaikan permasalahan umat ini.
Misal : jika ada orang ikut gerakan Rp. 1000 per orang per hari.
Maka kita akan dapat Rp. 7000 per orang per hari. ( Rp.1000 x 7 hari ), dalam satu bulan (4 minggu) adalah Rp.28.000 per orang per bulan. Dan dalam satu tahun akan terkumpul Rp.336.000 perorang pertahun
Kalau ada 10 orang yang ikut gerakan ini, maka uang yang terkumpul adalah Rp. 70.000, Dalam satu bulan akan terkumpul Rp.2.800.000. kalau selama satu tahun maka akan terkumpul Rp. 3.360.000 per tahun.
Itu baru 10 orang yang ikut dalam Gerakan Rp. 1000 perhari. Sekarang bayangkan kalau yang ikut gerakan ini sebanyak 100 orang. maka hasilnya akan sangat berlipat ganda. Banyangkan saja besarnya Rp. 33.600.000 pertahun .
Maka dengan uang Rp. 33.600.000 itu kita akan dapat membantu beberapa orang di sekitar kita. Dengan uang sebanyak itu, berapa orang yang akan bisa kita tolong dengan memberi pinjaman tanpa anggunan dan bunga untuk modal usaha? Kalau uang sebanyak itu dapat terkumpul, berapa anak yang dapat kita tolong untuk biaya fasilitas pendidikan di sekolahnya?
Fakta di lapangan menunjukan, bahwa anak-anak pinggiran Surabaya (tempat BPU JMMI mengajar) memiliki keterbatasan akan akses fasilitas buku penunjang sekolah mereka. Bayangkan saja, LKS (Lembar Kerja Siswa) yang seharusnya menjadi tempat berlatih saja harus dipinjami sekolah dan tidak boleh dicorat-coret. Kalau pulang, mereka tidak tahu harus belajar pakai apa. Itu dihadapi seluruh siswa dimana teman-teman BPU JMMI mengajar. Sekolah memang gratis, tapi soal kualitas harus bayar lebih kayaknya…
Kita Muslim, Maka kita Bersaudara
Mungkin anda sudah kenyang akan dalil tentang seorang muslim dan muslim yang lain adalah saudara. Sudah banyak pula dalil yang kita pahami akan fadilah atau keutamaan tentang menolong sesame umat muslim yang bersaudara. Sudah sering pula kita dengar bagaimana ancaman dari ALLAH kepada muslim yang acuh tak acuhnya dengan konsidis saudara  muslimnya. Anda lebih hebat dari pada saya kalau masalah dalil men-dalil.
Tapi sekarang izinkan saya untuk mengungkapkan apa yang ada dibenak saya. Tentang kondisi saudara-saudara muslim kita di negeri seberang yang tengah terluka. Ada Palestina negeri seribu syuhada. Ada Suriah yang sedang tertindas kedholiman seorang dictator. Ada Rohingya, saudara muslim kita yang sedang dibawah tekanan FASIS biksu. Mungkin semuanya sudah pernah anda dengar. Dan mungkin anda juga pernah memberikan donasi kepada mereka pada saat momen penggalangan dana.
Tapi izinkan saya untuk memberikan sebuah bualan yang mungkin bermanfaat. Kalau kita pikir, berapa rupiah yang kita kirim itu jika dikruskan dengan mata uang mereka ? dari yang tidak seberapa itu, kemudian kita bertanya. Cukup untuk apakah pemberian kita itu ?. Cukup untuk berapa harikah bantuan kita itu ?. kalau hanya cukup untuk satu pekan, maka pekan depan, bulan depan, apa yang akan mereka gunakan ?. bantuan kita mungkin cukup untuk dua hari.
Maka ayo kita gerakan hati kita untuk membantu saudara kita dengan istiqomah dan kesungguhan niat. Bahwa kita sedang “berdagang” dengan Allah.

#GERAKAN Rp. 1000 perHari

0 comments:

Post a Comment