Wednesday, March 16, 2016

Surface water Modeling System - ADCIRC

ADCIRC ( ADvandce CIRCulation  )


Salah satu program yang biasa digunakan dalam menyelesaikan permasalahan numerical numerik untuk model hidrodinamika laut adalah paket software komerisal ataupun gratis-an yang sudah banyak dibuat oleh para Ahli dan digunakan oleh banyak paneliti di berbagai belahan dunia untuk mengerjakan penelitian ataupun tujuan komersial. Beberapa software komersial untuk menyelesaikan pemodelan numerik adalah MIKE 21, Delft 3D (juga ada open source), SMS (juga ada trial version), ADCIRC (include di SMS) dan lain sebagainya. Sedangkan yang masih open source atau gratis-an adalah Pricenton Ocean Modeling (POM), Regional Ocean Modeling (ROM), Finite Volume Computer Ocean Modeling (FVCOM), Delft community, CC2HD, CC3HD dan ECOMSED.

Kali ini kita akan coba bahas tentang ADCIRC. Dari website resmi adcirc.org,
ADCIRC adalah sebuah sistem dari program komputer untuk memnyelesaikan secara waktu yang tertentu, sirkulasi permukaan bebas, dan masalah transport dalam dua atau tiga dimensi. Program ini menggunakan finite elemen method dengan fleksibelitas tinggi serta grid yang tidak terstruktur.
ADCIRC dapat diaplikasikan untuk berbagai masalah meliputi;
1. Prediksi dari gelombang badai dan banjir
2. Modeli pasang surut dan sirkulasi yang disebabkan angin
3. Studi larva tranport
4. Kelayakan pengerukan dan studi sebaran partikel
Rumus persamaan ADCIRC

Rumus Persamaan ADCIRC

salah satu kelebihan ADCIRC dalam memodelkan arus maupun transport sedimen, ADCIRC telah mampu menggabungkan antara pemodelan arus, transport dengan gelombang dengan persamaan dari program SWAN. Hal ini lebih memudahkan user dalam memodelkan karena hanya dalam satu waktu dapat memodelkan ketiganya. Hal yang sama juga mampu dilakukan dengan Coastal Modeling System - Flow dan Wave. Namun, CMS Flow dan Wave harus terpisah dalam pengerjaannya. CMS Wave dulu dan hasilnya di masukan sebagai input-an dari CMS- Flow.
Salah satu software yang mampu menyamai dengan ADCIRC dan CMS yang keduanya sudah masuk dalam paket software SMS (surface water Modeling System) adalah Delft 3D. Delft 3D juga telah mampu menggabungkan antara gelombang dan sediment namun dengan cara seperti CMS Flow yang tidak dapat bersamaan. Selain itu juga ada MIKE 21/3 yang dikembangkan oleh Danish Hydraulic Institute, dimana software tersebut telah mampu melakukan running gelombang, arus, pasang surut dan transport sedimen dalam satu waktu bersamaan.
Gabungan ADCIRC dengan SWAN

Rumus Persamaan ADCIRC dan SWAN

Contoh Model dengan ADCIRC

Alur Modeling dengan ADCIRC
Alur model diatas adalah alur memodelkan ADCIRC ketika belum masuk paket software SMS, sehingga user harus melakukan coding sendiri untuk mengerjakannya. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di adcirc.org dan SMS-Aquaveo . 
Jika ingin diskusi untuk modeling arus dan transport sediment dengan SMS (CMS FLOW - ADCIRC) atau MIKE (Wave, Arus dan transport sediment) dapat menghubungi penulis di baharudinfahmi@yahoo.co.id

M. Baharudin Fahmi

0 comments:

Post a Comment