Tuesday, January 27, 2015

Potong Tumpeng


akhirnya waktu itu datang juga, saatnya mempertanggungjawabkan semua yang telah didapat selama belajar. ibarat orang belajar ilmu silat, hari ini adalah saatnya menguji apa yang telah dipelajari selama ini. semua jurus, semua ilmu kanuragan. seperti halnya teman-teman di kampung dulu, mereka harus menunjukan ilmunya sebelum mengambil sabuk tertinggi berwarna putih, artinya dia telah lulus. bagi seorang akademisi perguruan tinggi, pasti merasakan yang namanya sidang, Tugas akhir untuk Statra 1, Tesis untuk S2, dan Desertasi untuk S3. intinya semua sama, mempertanggung jawabkan ilmu yang telah didapat didepan semua penguji. Ibarat kita seorang pesilat yang telah dilatih "pendekar" dengan gelar minimal Master, Doktor dan paling mentok Profesor. Pada saat ujian pun, kita harus "melawan" penguji dengan ilmu yang sama dengan pendekar guru kita. Hebat bukan.... 
Makanya, tak khayal bagi para pesilat yang diuji kadang harus tersungkur saat berhadapan dengan penguji. bukan ingin menghancurkan, tapi ingin memperlihatkan bahawa ilmu itu sangat luas dan kita baru dapat hanya segenggam tangan. Terkadang ada pesilat yang sangat mahir untuk jurus tertentu, tersungkur karena hanya ditentang kakinya oleh sebab kuda-kuda yang tak kuat. atau ibarat orang perang, kita bawa senjata AK-47 yang bisa membunuh semua lawan namun mati hanya karena ketapel. Ironis memang, namun memang kenyataannya seperti itu sering kali. Peserta sidang sudah banyak belajar ilmu-ilmu tingkat tinggi, namun malah jatuh pada saat ditanyai sebuah konsep dasar.
ahh.. itulah hidup..
sekarang saatnya kita potong tumpeng. memotong puncak tumpeng adalah simbol pembuka dalam berbagai kegiatan selain potong pita. Acara terpentingnya motong puncak tumpengnya, selain itu hanya biasa saja. hari itu adalah saatnya aku memotong tumpeng, membuka acara ujian pertanggungjawaban ilmu yang telah dipelajari. oh ya, bukan hanya simbol pembuka saja. memotong tumpeng kali ini sama seperti mempertanggungjawabkan secara akademis pekerja akhir. Tugas akhir itu seperti Potongan puncak tumpeng, dan itulah yang akan kita sajikan kepada penguji. tidak terlalu penting bagian tumpeng yang lain. Ilmu yang kita pelajari dari awal semester hingga akhir seperti tumpeng itu sendiri. mengerucut ke atas. semakin tinggi semester kita, semakin mengerucut. Dan potangan paling puncak itulah yang akan kita sidangkan.

Potong tumpengnya dan silahkan menikmati

0 comments:

Post a Comment