Saturday, July 13, 2013

Rencana-Nya

“apapun hasilnya nanti, yakinlah bahwa itu semua adalah yang terbaik dari Allah. Jangan pernah berprasangka buruk. Kita tidak pernah tahu, ada apa dibalik ini semua. Mungkin Allah sudah menyiapkan yang lebih baik dari pada yang kita inginkan”
Kurang lebih itulah nasihat yang ku terima saat menjelang pengumuman masuk perguruan tinggi lewat jalur PMDK. Bersama kesunyian malam dalam kekhawatiran kan hasil yang muncul, nasihat dari bapak itu sungguh menyejukkan. Tidak membuat kita pesimis dan juga optimis. Apapun hasilnya, itulah yang terbaik, karena skenario itu sangat sempurna tak ada cacat di dalamnya.
Tiga tahun lalu, nasihat itu diucapkan sebagai oase kegundahan akan ujian yang akan muncul setelah ini. Bisa dibayangkan, belajar setiap hari persiapan masuk perguruan tinggi siang malam tak kenal lelah bersama kawan-kawan resholusi akan terbayar. Jika masuk alhamdulillah, kalau tidak masuk, seolah kerja keras itu tidak ada harganya sama sekali. Tapi seperti itulah memang adanya.
Seolah malam itu baru kemarin, baru kemarin duduk bersama kedua orang tua. Berbaring dipangkuan ibu mendengarkan nasihat itu. Serasa memori otak ini masih jelas merekam semuanya, detail. Sekarang nasihat itu seolah terdengar lagi persis. Namun, yang menjadi beda adalah masalah yang dihadapi bukuan masuk perguruan tinggi, tapi kerja praktek. Sudah sejak bulan kemarin persiapan kerja praktek sudah disiapkan. Tapi masih ada saja masalahnya. Bukan kurang  masalah perlengkapan administrasinya. Tapi karena tidak bolehnya melakukan kerja Praktek dengan cewek dalam satu tempat kerja praktek. Harus ada kawannya, 2 cowok 1 cewek, 1 cowok 2 cewek atau lebih. Ya, tapi itulah keputusan sang pengampu kerja praktek di jurusan. Mencegah hal-hal negatif yang akan ditimbulkan. Saya sangat sepakat dengan peraturan tersebut, namun ketika peraturan itu menimpa diri sendiri rasanya sangat berat. Hingga singkat cerita akhirnya dapat banyak teman untuk KP di tempat yang sama. Namun ini juga menjadi masalah baru. Semua persiapan berkas KP sudah semua, ehh.. masih ada satu kawan yang masih belum lengkap secara administrasi. Padahal menurut hitungan itu sudah masuk waktu injury time. Bayangkan kawan, kita mau mengajukan proposal KP, tepat satu minggu dengan waktu yang kita ajukan untuk KP. Kau kira Perusahan itu milik eyang mu ?. hingga akhirnya semua failed. MAAF SUDAH PENUH DENGAN MAHASISWA KERJA PRAKTEK, SILAHKAN TUNGGU BULAN DEPAN JIKA MASIH ADA. Hhaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa........ (stressssss..)
Namun itulah cara Allah mengatur skenario indah itu, semua terbukti tepat dengan nasihat bapak. Ini adalah yang terbaik dari Allah dan sedang disiapkan rencana yang paling bagus untuk kita. Tepat diterik siang langit surabaya, saat semua isi kepala sudah mendidih karena Proposal KP belum mendapatkan acc juga, tiba-tiba HP bergetar tanda ada pesan masuk..
“jarkom, dicari mahasiswa angakatan 2009 dan 2010 yang akan mengambil TA tentang sedimentasi bisa hubungi mas andi 2007. Source : rifta”
Isi kepala yang panas dan buntu karena nasib KP yang semkin diujung tanduk reflek menggerakan jari-jari memencet tuts keypad HP dan menuliskan kalimat tanya dengan harap masih bisa gabung. Sent massage sesaat kemudian pesen wes dikirim.  Kemudian, Hp bergetar kembali tanda Pesen ditampa, tertulis oe07 andi. Dan tertulis “msih bisa, sekarang dmana ? bisa ke kantor ?”. tiba-tiba ada celukan masuk ke HP, oe07 andi. Bla..bla.. yang intinya bisa bergabung dengan penelitian di kalimantan. Seketika juga bertemu singkat, ngobrol bla..bal..bla.... bahar berangkat besok bisa ? kalau tertalu mendadak bisa berangkat sabtu bareng pak aris..
Haaaa.... (histeris) seolah panasnya kepala itu hilang berganti rasa senang dan .. masih tidak percaya. Borneo.. akhirnya pergi ke borneo, padahal rasanya baru kemarin bermimpi, berdo’a dan berharap. Kapan bisa menjelajah ke pulau borneo. Terjawab sudah.. ternyata rencana indah itu memang  sudah disiapkan, diluar prediksi. Asyikkkk borneo.. borneo.. liburan..liburan...
Ah, membuka kembali buku ulama’ terkemuka dunia, Al-Hikam karya Ibnu Atha’illah, nasihatnya sungguh terasa,
Jika kau tidak bisa berbaik sangka kepada Allah karena kebaikan sifat-sifat-NYA, berbaik sangakalah kepada-Nya atas kebaikan perlakuan-Nya terhadapmu. Bukankah Dia selalu memberi mu yang baik-baik dan mengaruniamu berbagai kenikmatan ?

19 juli 2013

2 comments:

  1. haha.. hapenya pasti settingan bahasa jawa ~XD

    ReplyDelete
  2. "Asyikkkk borneo.. borneo.. liburan..liburan..." KP har, duduk liburan -_-

    ReplyDelete