Monday, January 27, 2020

Tutorial Genesis

Input Model Genesis
Data masukan yang dibutuhkan untuk simulasi perubahan garis pantai adalah :
1. Peta acuan garis pantai lokasi studi, dalam bentuk diskritisasi bentangan garis pantai untuk menentukan grid numerik. Posisi garis pantai dinyatakan sebagai jarak dalam arah laut lepas pantai (offshore) pada setiap grid numerik yang diukkur dari base line. Base line ditentukan dalam arah yang paling mendekati memanjang pantai dan sedapat mungkin tidak memeotong garis pantai. Lokasi kondisi batas lepas pantai (offshore boundary condition) sebagai titik awal transformasi gelombnag dipilih di perairan dalam dimana dinamika gelombang tidak menyebabkan transpor sedimen.
2. Seri-waktu data iklim gelombang hasil hindcasting atau peramalan gelombang, dimana perihal prosedur peramalan gelombang telah diuraikan pada bab sebelumnya.
3. Data posisi struktur yang ada atau akan direncanakan seperti seawall, groin, breakwater dan bila ada beach fill ataupun pengerukan.
4. Data sedimen yaitu ukuran butiran (D50)

Syarat Batas Garis Pantai
Data posisi awal garis pantai berupa koordinat (x,y). Fixed boundaries dari garis pantai yang akan ditinjau adalah posisi dimana perubahan garis pantai tersebut dapat dianggap tidak signifikan terhadap hasil smulasi, atau pada sebuah struktur yang rigid (misalnya karang). Batasan ini diperlukan karena didalam simulasi, perubahan garis pantai pada kedua titik batas tersebut besarnya dianggap nol. Batasan ini disebut sebagai pinned-beach boundary yang umumnya diletakkan pada titik yang jauh dari lokasi simulasi.
Bila pada ujung-ujung garis pantai diperbolehkan terjadi perubahan, maka dapat digunakan gated boundary. Gated boundary  ini merupakan batasan dimana pada grid 1 dan grid N+1 dapat dipasang groin atau breakwater yang memungkinkan untuk dilewati sedimen. Masuk keluarnya sedimen dikontrol melalui permeabilitas struktur yang dipasang.
Grid Garis Pantai dan Struktur
Grid simulasi melingkupi garis pantai serta perairan dimana gelombang akan merambat. Transpor sedimen, posisi struktur, dan batasan garis pantai terletak pada dinding sel .sedangkan titik posisi garis pantai berada di tengah-tengah sel. Grid disepanjang model garis pantai adalah sama, yaitu Δx. Semua garis pantai harus dapat dipindahkan ke dalam sistem koordinat grid ini dan tidak diperbolehkan dua garis pantai pada satu grid. Strukturpun harus dapat ditempatkan pada grid yang telah ditentukan berdasarkan grid garis pantai.
Ketentuan-ketentuan khusus :
a) Tiap groin atau breakwater harus dipisahkan dengan satu grid. Artinya bahwa struktur harus dipisahkan oleh grid kosong sehingga tidak berhimpit.
b) Bila terdapat groin yang miring terhadap baseline maka dapat dibuat dengan satu groin yang tidak terdifraksi ditambah dengan satu breakwater dimana antara ujung kedua struktur tersebut tidak boleh berhimpit.

Input Time Series Gelombang
Seri waktu data gelombang lepas pantai atau gelombang laut dalam mencakup perioda gelombang, tinggi gelombang, dan arah rambat gelombang terhadap garis normal pantai untuk selang waktu tertentu. Untuk pantai dengan kontur batimetri yang sejajar pantai, maka data gelombang ini akan dihitung pergerakan akibat refraksi dan difraksi secara internal di dalam GENESIS sendiri.
Daerah sudut datang gelombang yang akan disimulasi hanya dalam kisaran -900 hingga 900, dimana garis yang tegak lurus base line adalah sudut 00 yang dapat dilihat pada Gambar. Untuk itu perlu adanya kesesuaian antara arah garis pantai dengan sudut gelombang datang. Selain itu, hasil hindcasting yang berasal dari data angin menyebabkan adanya sudut datang gelombang yang berasal dari darat. Ini tidak sesuai dengan kenyataan sehingga sudut datang tersebut diabaikan dalam proses perhitungan, nilainya diganti dengan 999.
Sudut datang gelombang dalam GENESIS

Output Genesis
Output dari simulasi program GENESIS adalah :
a)    Posisi garis pantai awal dan posisi garis pantai setelah beberapa waktu tertentu (tergantung waktu simulasi yang diinginkan).
b)    Besarnya perubahan garis pantai yang terjadi setelah beberapa waktu tertentu (tergantung waktu simulasi yang diinginkan)
c)    Debit sedimen transport (m3/tahun) yang terjadi setelah beberapa waktu tertentu (tergantung waktu simulasi yang diinginkan), termasuk didalamnya debit transpor sedimen ke arah kanan, debit transpor sedimen ke arah kiri, debit transpor sedimen bersih (net), maupun  debit transpor sedimen kotor (gross)
d)  Posisi garis pantai pada akhir simulasi

0 comments:

Post a Comment